Efek Dari Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Tubuh

    Makanan pedas
    Makanan pedas

    Bangsa Indonesia dikenal oleh masyarakat dunia selain oleh kebudayaanya yang kaya beraneka ragam unik dan daya tarik wisatanya yang melimpah ruah, juga dikarenakan cita rasa kuliner tradisionalnya yang cukup kaya dengan bumbu serta rasa pedasnya. ‘Makan tanpa sambal, rasanya nggak lengkap,’ inilah yang biasa sebagian orang rasakan saat harus mengonsumsi makanannya tanpa di bumbui oleh rasa pedas dari sambal yang memiliki cita rasa khas tersendiri.

    Mulai dari sambal mattah, dabu dabu, bawang, hingga sambal terasi lengkap tersedia di negara kita tercinta ini. Nah pada artikel yang satu ini kita akan membahas mengenai efek dari makanan pedas yang kita ketahui berasal dari cabai. Berikut efek dari makanan pedas yang dapat kita rasakan, antara lain seperti:

    • Membantu Meredakan Pilek. Makanan pedas yang berasal dari cabai atau merica dapat membantu meredakan pilek karena makanan tersebut mengandung kadar vitamin A dan C yang cukup tinggi. Cabai dan merica juga berfungsi sebagai antibakteri yang dapat membunuh kuman ataupun virus yang dapat menyebabkan penyakit pilek di dalam tubuh kita.
    • Mempercepat Metabolisme Tubuh. Selain dapat membantu meredakan pilek, efek dari makanan pedas dapat bermanfaat mempercepat metabolisme tubuh. Makanan pedas memiliki manfaat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.
    • Kandungan Capsaicin, zat pada cabai dapat menimbulkan sensasi panas dan terbakar ketika dimakan sehingga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dengan mempercepat detak jantung dan suhu tubuh. Tapi, tentu saja manfaat yang berguna bagi tubuh dapat kita rasakan apabila mengkonsumsi cabai sewajarnya dan tidak berlebihan, karena mengkonsumsi cabai yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh.
    • Memicu Buang Air Besar. Selain efek positif diatas ternyata cabai dapat memberikan efek pemicu buang air besar. Makanan pedas dapat memicu pergerakan pada usus. Dengan kata lain, makanan pedas sebenarnya berfungsi sebagai laksatif atau yang kita ketahui sebagai obat pencahar alami.
    • Memudarkan Indra Perasa. Menyantap makanan pedas terus menerus dan setiap hari berisiko membuat lidahmu jadi tak terlalu peka terhadap rasa makanan. Jadi meskipun sangat menyukai makanan pedas, sebaiknya tetap batasi konsumsinya dengan tidak menambahkan sambal atau menggunakan cabai terlalu banyak pada masakan. Untuk menghindari memudarnya indra perasa kita.

    Nah itulah efek dari makanan pedas yang perlu kita ketahui, bagi anda para pencinta pedas sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, dan konsumsilah sewajarnya sehingga memberikan efek yang baik untuk tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *