Jenis Asam Urat Berdasarkan Faktor Penyebabnya

    Kenali Jenis Asam Urat yang Menyerang
    Nyeri Asam Urat

    Faktor apa sajakah yang menjadi penyebab penyakit asam urat? Di bawah ini ada 2 faktor utama yang menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit asam urat yang menyerang seseorang. Yakni penyebab asam urat primer yaitu yang berasal dari dalam tubuh itu sendiri, dan penyebab asam urat sekunder yang berasal dari luar tubuh.

    1. Asam Urat Primer

    Penyebab asam urat primer ini berkaitan dengan faktor dari dalam tubuh seseorang, tetapi belum diketahui secara jelas dan pasti. Faktor riwayat keturunan dan ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh sehingga memicu gangguan metabolisme yang bisa menyebabkan peningkatan produksi asam urat.

    1. Asam Urat Sekunder

    Penyebab asam urat sekunder ini berhubungan erat dengan gaya hidup seseorang dalam mengkonsumsi makanan yang masuk kedalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin merupakan faktor utama penyebab asam sekunder ini. Meningkatnya produksi asam urat ini terjadi dikarenakan mengkonsumsi nutrisi kadar purin yang tinggi.

    Asam urat itu adalah suatu peradangan yang terjadi pada bagian bagian persendian pada tubuh, yang dimana penyakit asam urat akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri apabila persendian digerakkan. Penyakit asam urat ini terjadi karena disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi zat purin sehingga membuat zat purin itu gagal di cerna dan dikeluarkan oleh ginjal.

    Saat zat purin itu tidak bisa dicerna dan dikeluarkan oleh ginjal sehingga jumlahnya akan meningkat drastis di dalam tubuh, maka zat purin itu akan masuk ke dalam aliran darah mengkristal dan melekat di bagian bagian persendian, yang akhirnya menghambat kinerja persendian.

    Selain penyebab asam urat di atas, dibawah ini juga terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit asam urat, antara lain :

    • Faktor usia.
    • Berat badan berlebihan / obesitas.
    • Hipertensi / darah tinggi.
    • Mengkonsumsi obat kategori diuretik.
    • Makan makanan mengandung purin tinggi seperti seafood.
    • Mengkonsumsi minuman beralkohol.
    • Menopause pada wanita.

    Banyak orang yang menganggap penyakit asam urat adalah penyakit ringan yang mudah disembuhkan. Hal ini dikarenakan rasa nyeri yang muncul sebentar lalu menghilang adalah gejala awal penyakit asam urat yang sering disepelekan, sehingga muncul anggapan banyak orang bahwa penyakit ini tidak perlu di obati.

    Padahal, semestinya Anda waspada dan berhati-hati dengan penyakit ini dan ketahuilah bahaya penyakit asam urat yang sesungguhnya. Dan hal yang wajib Anda ketahui bahwa semua jenis penyakit itu bisa berdampak buruk apabila tidak segera diatasi dengan baik, salah satunya termasuk penyakit asam urat ini yang bisa sangat berbahaya apabila tidak segera dilakukan tindakan pengobatan. Baca juga obat herbal asam urat paling ampuh.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *